Jalan - Jalan Sehat Area Kampus

Kabut masih dengan bebasnya menyelimuti permukaan tanah, para peserta PK2 lanjutan sudah siap dengan atribut dari masing-masing fakultas. Tak kecuali dengan PSSI. Pukul setengah enam pagi, sudah mulai berkumpul di belakang parkiran PSSI.
Jalan sehat adalah kegiatan OSPEK lanjutan dari Universitas yang sebelumnya telah dilaksanakan bulan puasa lalu. Alasan mengapa PK2 yang kegiatan jalan sehat ini dilaksanakan pada tanggal 16 September 2011 karena kegiatan jalan sehat yang sangat tidak memungkinkan dilakukan pada saat bulan puasa.
Peserta PK2 dari PSSI sudah lengkap berkumpul dan mulai berjalan menuju stadion bersama-sama pada pukul 5.40 pagi. Bersama dengan fakultas lain di depan dan belakang rombongan PSSI. Meski udara dingin masih terasa, namun peserta PK2 ini dengan penuh semangat berjalan menuju stadion.
Melihat rombongan-rombongan lain yang heboh dengan atribut di masing-masing fakultas, PSSI tidak mau kalah. Atribut yang sederhana dan mudah dibuat serta dicari menjadi pilihan. Yaitu bagi laki-laki atribut yang digunakan adalah sarung yang diikatkan pada pinggang, pita berwarna abu-abu di lengan, dan kalung berliontin flashdisk dengan rantai berwarna abu-abu.
Begitu pula dengan atribut yang dipakai oleh perempuan. Pita serta kalung berliontin flashdisk dipakai sama persis seperti layaknya atribut laki-laki. Namun, yang berbeda adalah selendang/kerudung yang digunakan dan diikatkan pada pinggang.
Sesampainya di stadion, semua peserta dari masing-masing fakultas masih menunggu kelengkapan peserta. Hingga pukul 6.40 perjalanan dimulai dari peserta pertama yang berada di baris paling kanan. PSSI sendiri ada pada barisan paling kiri sendiri, yang artinya rombongan PSSI akan berjalan paling bekalang. Benar saja, baru pukul 7.15 rombongan PSSI baru menginjakkan kaki keluar gedung stadion.
Tidak lupa rombongan dari masing-masing fakultas mengunjukkan yel-yel sederhana sebagai khas dari masing-masing rombongan. Di sinilah saatnya menunjukkan kekompakkan dari masing-masing rombongan. Ada yang membawa botol kosong sebagai penyemarak, atau botol berisi pasir, ada pula yang hanya bermodal tepuk tangan saja.
Perjalanan dimulai dari melewati sisi kanan jalan gedung rektorat yang juga di sisi gedung fakultas FKIP, yang dilanjtkan mengelilingi lapangan universitas jember. Lalu berjalan melalui samping fakultas MIPA, fakultas FTP, fakultas Kedokteran, fakultas Kedokteran Gigi, hingga terakhir melalui fakultas Farmasi dan perjalanan dilanjutkan keluar area Universitas Jember yaitu di Jalan Kalimantan. Akhir dari perjalanan ditandai dengan sampainya para peserta di gedung stadion kembali. Juga tak lupa membayar semua peluh selama perjalanan dengan makan makanan yang telah disiapkan oleh panitia di masing-masing fakultas.
Tidak hanya kegiatan ramah tamah saja, para peserta PK2 lanjutan ini masih disuguhi dengan tontonan apik yang berdemo di tengah lapangan stadion. Demo-demo tersebut adalah demo dari jenis kegiatan yang ada pada UKM di Universitas Jember. Tujuannya adalah sebagai wujud kilas bagaimana jenis kegiatan yang ada pada masing-masing UKM.
Apabila dari sekian ribu peserta PK2 Lanjutan ada yang berminat dengan salah satu atau beberapa UKM yang dipromosikan tersebut, maka jangan segan-segan untuk segera menemui secret UKM yang letaknnya ada di PKM pusat. [vp]

0 comments: